Lompat ke konten
Home » Membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch

Membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch

Membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch

Membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch – Burung kenari (Serinus canaria) adalah salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Mereka dikenal karena keindahan suara merdu dan warna bulu yang menarik. Burung kenari berasal dari Kepulauan Canary, sebuah kepulauan di lepas pantai barat Afrika.

Membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch
Sumber : Pixabay

Burung kenari memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 13-15 cm. Mereka memiliki paruh yang kuat dan tajam untuk menghancurkan biji-bijian sebagai makanan utama mereka. Kenari jantan biasanya memiliki suara yang lebih nyaring dan panjang dibandingkan dengan betina.

Burung kenari memiliki berbagai variasi warna bulu, termasuk kuning, oranye, merah, putih, dan cokelat. Melalui pemuliaan selektif, manusia telah menghasilkan berbagai jenis kenari dengan bentuk dan warna bulu yang berbeda-beda. Beberapa varietas kenari yang terkenal antara lain kenari Yorkshire, kenari Border, dan kenari Gloster.

Untuk merawat burung kenari, diperlukan kandang yang cukup besar dengan perlengkapan seperti tempat makan dan minum, tempat beristirahat, serta mainan untuk menghindari kebosanan. Makanan utama mereka adalah biji-bijian seperti biji kenari, biji bunga matahari, dan biji jagung. Mereka juga membutuhkan asupan makanan tambahan berupa buah-buahan segar dan sayuran.

Selain perawatan yang baik, kenari juga perlu mendapatkan latihan rutin dan stimulasi mental. Anda dapat melatih burung kenari untuk belajar melodi atau lagu tertentu melalui metode pelatihan yang tepat. Burung kenari juga senang dengan kebersamaan dan interaksi dengan pemiliknya.

Burung kenari memiliki masa hidup yang relatif lama, yaitu sekitar 10-15 tahun. Namun, dengan perawatan yang baik dan lingkungan yang sehat, mereka dapat hidup lebih lama. Kenari juga termasuk dalam kategori burung yang mudah dipelihara dan menjadi pilihan yang populer sebagai hewan peliharaan.


Ternak burung jenis kenari atau finch membutuhkan asupan pakan yang tinggi kandungan nutrisinya. Silakan lanjutkan membaca tulisan di www.superkicau.com.

Untuk memenuhi kebutuhannya itu, para peternak akan membuatkan sendiri pakan racikan yang khusus diberikan selama proses ternak berlangsung. Pakan racikan tersebut dikenal dengan sebutan egg food karena dibuat dengan berbahan dasar telur. Berikut cara membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch.

Pembuatan Egg Food dalam ternak kenari dan finch:

1 butir telur
1 sendok teh beras merah yang sudah matang
1 sendok teh millet
1 sendok teh pakan kenari
2 sendok teh wortel parut atau sayur / buah-buahan lainnya.

Cara membuat: 

  • Rebus telur selama kurang lebih 15 menit atau sampai telur dianggap sudah matang.
  • Setelah matang, angkat lalu rendam dalam air bersih untuk mendinginkannya.
  • Setelah dingin, kupas telur lalu letakkan di dalam mangkuk, sedangkan bagian kulitnya dikumpulkan lalu ditumbuk hingga menjadi tepung.
  • Lumat telur rebus tersebut dengan menggunakan sendok, setelah itu campurkan semua bahan ke dalamnya sambil tetap diaduk hingga merata.
  • Masukkan tumbukan kulit telur ke dalam adonan tersebut lalu kembali diaduk hingga semua bahan bercampur merata.
  • Pakan sudah siap disajikan.

Sekian artikel Superkicau tentang Membuat egg food untuk kebutuhan ternak kenari dan finch Semoga bermanfaat.

admin@superkicau.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *