Cara praktis memaster kenari menggunakan masteran edel sanger

Cara praktis memaster kenari menggunakan masteran edel sanger – Edel sanger masteran kenari, Burung Sanger atau populer dengan edel sanger adalah salah satu burung jenis viking.  Burung kecil ini yang masih sekerabat dekat dengan burung kenari. Sanger mempuyai suara khas yang demikian merdu, dengan suara kicauan mengalun turun naik dengan durasi yang panjang.  Apapila dilukiskan tidak ubahnya bagai suara air terjun di alam bebas. Maka karakter suara unik edel sanger cocok untuk master kenari.

Cara praktis memaster kenari menggunakan masteran edel sanger
Sumber : Pxhere

Burung kecil dari benua Afrika ini menjadi populer karena suaranya dan mudah diternak. Tidak terlalu sulit untuk melihara jenis burung ini, karena salah satu alasannya relatif lebih tahan pada perubahan cuaca gangguan serangga seperti nyamuk.

Pola makannya juga masih sama atau bahkan bisa dibilang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis kenari. Jika pada kenari pakannya menggunakan lebih kurang  50% berupa cannary seed, sedang pada  burung sanger lebih menyukai Jewawut sebagai makanan pokoknya. Jelas jika dikalkulasi dengan pakan kenari maka menurut perhitungan harga jauh lebih ekonomis.

Selain kelebihan tersebut di atas, ada alasan lain atau kekurangan pada burung ini. Terkadang mengapa burung sanger kurang digemari dibanding burung jenis lain, misalnya kenari.

Suara burung kecil dari Afrika ini cenderung tidak sevariatif suara kenari. Kenari ngerol bisa membawakan antara  5  hingga 6 variasi lagu pada saat berkicau. Sedanglan kicauan burung edel sanger ini mengandalkan kecepatan dan kerapatan, alunan serta tempo cepat  sehingga menciptakan harmonisasi alunan nada yang merdu dan indah.

Cara memaster kenari menggunakan masteran edel sanger

Memaster burung khususnya burung kenari akan lebih efektif apabi;a dilakukan sejak masih usia muda. Pada kenari usia  dua bulan sudah bisa mulai dimaster. Bahkan ada beberapa mastering yang memaster sejak burung baru menetas sudah diperdengarkan suara masterannya.  Tehniknya cukup sederhana, yaitu :

  • Siapkan bakalan kenari yang benar-benar jantan
  • Tempatkan pada ruang atau tempat yang tenang dan kauh dari suara kicau burung lain terutama suara kenari standart
  • Pilih burung edel sanger yang benar-benar gacor dengan suara masih ORI edel sanger
  • Hindari memaster kenari menggukan edel sanger yang sudah tidak ORI, atau sudah masuk kemasukan suara kenari
  • Usahakan kenari yang dimaster tidak melihat secara langsung si burung master. Tujuannya agar mental kenari muda tidak drop.
  • Perdengarkan suara master secara kontinyu hingga kenari muda benar-benar dapat berbunyi dan gacor dengan suara isian sanger

Nah setelah beberapa bulan waktu pemasteran, maka akan terjadi seleksi alam. Biasanya burung kenari yang berbakat akan mampu merekam dan menirukan duara masterannya dengan baik. Sebaliknya kenari yang tidak berbakat juga cebderung tidak mampu merekam dan menirukan burung masterannya.

Sedangkan jika dilihat dari variasi warna, maka burung ini bukan termasuk burung yang berwarna bulu yang indah. Karena warnanya cenderung kurang menarik tidak variatif seperti kenari, warnanya seperti burung gereja. Namun tetap saja walaupun warnanya kurang  menarik tetap saja  burung berwarna gelap ini mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Inilah ulasan singkat tentang edel sanger yang pas banget buat memaster burung kenari. Semoga penjelasan tentang burung sanger dengan semua kelebihan dan kekurangannya ini semakin menambah pengetahuan kita semua tentang burung finch ini. Semoga terus menginspirasi kemajuan dunia burung di tanah air. Terima kasih.

admin@superkicau.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *